3 Hal ini Mempengaruhi Kepribadian Seseorang

5:13 AM

pengaruh pembentukan kepribadian seseorang

Kepribadian individu memang berbeda satu dengan yang lain. Hal ini tentu dipengaruhi beberapa faktor yang menentukan kepribadian seseorang. Berikut ini ada tiga faktor yang paling dominan sebagai penentu kepribadian antara lain:

1.    Faktor keturunan
Keturunan merujuk pada factor genetika seorang individu.Tinggi fisik, bentuk wajah, gender, temperamen, komposisi otot dan reflex, tingkat energi dan irama biologis adalah karakteristik yang pada umunnya dianggap, entah sepenuhnya atau secara substansial, dipengaruhi oleh siapa orang tua dari individu tersebut, yaitu komposisi biologis, psikologis, dan psikologis bawaan dari individu.

Terdapat tiga dasar penelitian yang berbeda yang memberikan sejumlah kredibilitas terhadap argument bahwa factor keturunan memiliki peran penting dalam menentukan kepribadian seseorang.
•    Berfokus  pada penyokong genetis dari perilaku dan temperamen anak-anak.
•    Berfokus pada anak-anak kembar yang dipisahkan sejak lahir.
•    Meneliti konsistensi kepuasan kerja dari waktu ke waktu dan dalam berbagai situasi.
Penelitian terhadap anak-anak memberikan dukungan yang kuat terhadap pengaruh dari factor keturunan. Bukti menunjukan bahwa sifat-sifat seperti perasaan malu, rasa takut, dan agresif dapat dikaitkan dengan karakteristik genetis bawaan.
Temuan ini mengemukakan bahwa beberapa sifat kepribadian mungkin dihasilkan dari kode genetis sama yang mempengaruhi factor-faktor seperti tinggi badan dan warna rambut.

2.    Faktor lingkungan
Faktor lain yang memberi pengaruh cukup besar terhadap pembentukan karakter adalah lingkungan dimana seseorang tumbuh dan dibesarkan norma dalam keluarga, teman, dan kelompok social dan pengaruh-pengaruh lain yang seorang manusia dapat alami. Faktor lingkungan ini memiliki peran membentuk kepribadian seseorang.
Sebagai contoh, budaya membentuk norma, sikap dan nilai yang diwariskan dari satu generasi kegenerasi berikutnyadan menghasilkan konsistensi seiring berjalannya waktu sehingga ideologi yang secara intens berakar disuatu kultur mungkin hanya memiliki sedikit pengaruh pada kultur yang lain.

3.    Sifat-sifat kepribadian
Berbagai penelitian awal mengenai struktur kepribadian berkisar di seputar upaya untuk mengidentifikasikan dan menamai karakteristik permanen yang menjelaskan perilaku individu seseorang. Karakteristik yang umumnya melekat dalam diri seorang individu adalah malu, agresif, patuh, malas, ambisius, setia, dan takut. Karakteristik tersebut jika ditunjukan dalam berbagai situasi, disebut sifat-sifat kepribadian.

Sifat kepribadian menjadi suatu hal yang mendapat perhatian cukup besar karena para peneliti telah lama meyakini bahwa sifat-sifat kepribadian dapat membantu proses seleksi karyawan, menyesuaikan bidang pekerjaan dengan individu, dan membantu keputusan pengembangan karir.

Aspek – aspek kepribadian 

Sementara itu, Abin syamsudin (2003) mengemukakan tentang aspek-aspek kepribadian, yang didalamnya mencakup:
a.    Karakter yaitu konsekuen tidaknya dalam mematuhi etika perilaku, konsisten tidaknya dalam memegang pendirian atau pendapat.
b.    Temperamen yaitu disposisi reaktif seseorang, atau cepat lambatnya mereaksi terhadap rangsangan-rangsangan yang datang dari lingkungan.
c.    Sikap yaitu sambutan terhadap objek yang bersifat positif, negatif atau ambivalen.
d.    Stabilitas emosi yaitu kadar kestabilan reaksi emosional terhadap rangsangan dari lingkungan. Seperti mudah tidaknya tersinggung, marah, sedih, atau putus asa.
e.    Responsibilitas (tanggung jawab) adalah kesiapan untuk menerima risiko dari tindakan atau perbuatan yang dilakukan. Seperti mau menerima risiko secara wajar, cuci tangan, atau melarikan diri dari risiko yang dihadapi.
f.    Sosiabilitas yaitu disposisi pribadi yang berkaitan dengan hubungan interpersonal. Seperti: sifat pribadi yang terbuka atau tertutup dan kemampuan berkomunikasi dengan orang lain.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Terima kasih untuk tidak berkomentar SPAM dan SARA. Untuk menghindari hal tersebut kami mengaktifkan verifikasi kata dan moderasi komentar. EmoticonEmoticon