Alquran Menantang Umat Manusia

11:59 PM

Sastra dan puisi telah menjadi sarana ekspresi dan kreativitas manusia. Di semua budaya dunia juga menjadi saksi di mana sastra dan puisi pernah menjadi Primadona dan kebanggaan pada masanya.Hal tersebut mirip dengan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terjadi pada zaman sekarang.

Sastra dan puisi telah menjadi sarana ekspresi dan kreativitas manusia. Di semua budaya dunia juga menjadi saksi di mana sastra dan puisi pernah menjadi Primadona dan kebanggaan pada masanya.Hal tersebut mirip dengan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terjadi pada zaman sekarang.

Baik muslim atau non muslim sepakat bahwa Alquran adalah literatur berbahasa Arab bernilai tinggi. Al-quran juga telah menduduki posisi sebagai sastra Arab terbaik di muka bumi.

Alquran menantang umat manusia seperti termaktub dalam ayatnya:

وَإِن ڪُنتُمۡ فِى رَيۡبٍ۬ مِّمَّا نَزَّلۡنَا عَلَىٰ عَبۡدِنَا فَأۡتُواْ بِسُورَةٍ۬ مِّن مِّثۡلِهِۦ وَٱدۡعُواْ شُهَدَآءَكُم مِّن دُونِ ٱللَّهِ إِن كُنتُمۡ صَـٰدِقِينَ (٢٣) فَإِن لَّمۡ تَفۡعَلُواْ وَلَن تَفۡعَلُواْ فَٱتَّقُواْ ٱلنَّارَ ٱلَّتِى وَقُودُهَا ٱلنَّاسُ وَٱلۡحِجَارَةُ‌ۖ أُعِدَّتۡ لِلۡكَـٰفِرِينَ(٢٤)

Artinya : "Dan jika kamu [tetap] dalam keraguan tentang Al Qur’an yang Kami wahyukan kepada hamba Kami [Muhammad], buatlah satu surat [saja] yang semisal Al Qur’an itu dan ajaklah penolong-penolongmu selain Allah, jika kamu orang-orang yang benar. (23) Maka jika kamu tidak dapat membuat [nya] dan pasti kamu tidak akan dapat membuat [nya], peliharalah dirimu dari neraka yang bahan bakarnya manusia dan batu, yang disediakan bagi orang-orang kafir." (24)  (QS Al Baqarah 23-24)

Tantangan dari Alquran adalah membuat satu surat yang semisal dengan apa yang ada di Alquran. Tantangan serupa diulangi dalam beberapa ayat dalam Al Quran beberapa kali bentuk tantangan ini adalah membuat sebuah surah yang paling tidak mirip dengan keindahan kefasihan kedalaman makna dengan surah-surah yang ada di dalam Alquran. Ternyata Sampai detik ini tantangan itu tidak pernah terpenuhi.

Pemikiran rasional manusia zaman sekarang tidak akan pernah menerima pendapat kitab suci suatu agama yang mengatakan bahwa dunia itu datar meski telah dikemas dengan bahasa yang puitis dan menarik itu. Karena kita hidup di era dimana manusia telah mengalami kemajuan dalam logika dan sains.

Tidak banyak orang yang menerima Al Quran sebagai kalam Ilahi begitu saja lantaran keindahan bahasanya. Setiap kitab suci yang diakui sebagai wahyu ilahi juga harus diterima akal dan logika manusia.

Menurut Fisikawan terkenal dan pemenang hadiah Nobel Albert Einstein mengatakan “ilmu tanpa agama itu lumpuh, agama tanpa ilmu pengetahuan itu buta.” Maka dari itu marilah kita pelajari Al Quran dan menganalisanya apakah akan sejalan dengan ilmu pengetahuan modern atau tidak.

Alquran bukanlah sebuah buku ilmu pengetahuan tetapi kitab yang berisi tanda-tanda dalam bentuk ayat-ayat di dalam al-qur'an terdapat lebih dari 6000 tanda dan hingga saat ini sudah lebih dari 1000 tanda yang selaras dengan ilmu pengetahuan

Kita ketahui bersama bahwa sains adalah sesuatu yang terus mengalami perkembangan. Di muslimharian.com ini saya hanya menghadirkan ilmu sesuai dengan fakta ilmiah bukan sekedar hipotesis dan teori-teori yang hanya berdasar pada asumsi apalagi tidak didukung dengan bukti.

sumber photo: flickr with commercial and mod allowed

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Terima kasih untuk tidak berkomentar SPAM dan SARA. Untuk menghindari hal tersebut kami mengaktifkan verifikasi kata dan moderasi komentar. EmoticonEmoticon