Inilah 13 Cara Efektif Berkomunikasi Yang Baik dan Benar

12:12 AM

Inilah 13 Cara Efektif Berkomunikasi Yang Baik dan Benar
Berkomunikasi sangatlah penting. Entah itu dalam mencari teman, relasi, bahkan pasangan hidup. Dalam bersosialisasi, kita perlu tahu bagaimana cara berkomunikasi yang baik dan benar. Nah kali ini akan diuraikan 13 hal mengenai cara berkomunikasi yang baik dan benar, antara lain:


  1. Dengarkanlah baik-baik apa yang diucapkan lawan bicara Anda dan berikan respon yang baik. Pandanglah lawan bicara Anda. Itu yang terpenting. Karena jika Anda tidak memperhatikan lawan bicara Anda, bisa jadi obrolan Anda dengan lawan bicara jadi ‘nggak nyambung’. Nggak nyambung itulah yang membuat lawan bicara akhirnya tidak tertarik berbicara dengan Anda dan malas jika melakukan pembicaraan dengan Anda.
  2.  Pikirkan baik-baik apa yang ingin Anda ucapkan kepada lawan bicara Anda. Karena lebih baik berfikir dulu kan sebelum bertindak? Tapi jangan juga berfikirnya terlalu lama karena nanti Anda bisa dikira telmi (telat mikir).
  3. Katakan dengan jelas, baik, sopan dan sesuai dengan kondisi teman Anda. Jangan juga terlalu bertele-tela karena orang lebih suka sesuatu yang to the point. Perhatikan juga waktu yang terbaik untuk Anda berbicara. Jangan sampai Anda menyela pembicaraan lawan bicara Anda. Satu lagi, ekspresi dan perasaan Anda harus pas dengan lawan bicara Anda.
  4. Peliharalah kontak mata pada tingkatan yang sama-sama antara terus menetap dengan saling menghindari tatapan. Cobalah menangkap petunjuk-petunjuk tentang bagaimana yang leluasa bagi lawan bicara Anda.
  5. Berupayalah semampu Anda untuk memahami apa maksud lawan bicara Anda, kalau ada sesuatu yang tidak Anda pahami, tanyakanlah.
  6. Pekalah terhadap bahasa tubuh dan petunjuk-petunjuk lisan Anda maupun lawan bicara Anda. Tampillah peka dan berminat. Amatilah tanda-tanda kalau lawan bicara Anda kehilangan minat, ingin mengubah topiknya atau perlu mengakhiri percakapannya.
  7. Berikanlah umpan balik/pendapat kalau diminta.
  8. Mintalah juga umpan balik.
  9. Berikanlah contoh-contoh untuk mendukung apa maksud Anda.
  10. Bergantianlah berbicara.
  11. Sesuaikanlah tingkat dan bahasa lawan bicaramu. Misalnya, berbicara dengan seorang anak berbeda dengan berbicara kepada seorang dewasa.
  12. Dengarkanlah permintaan lawan bicara Anda ( ini tidak selalu datang dalam bentuk pertanyaan atau pernyataan langsung).
  13. Gunakan intuisimu. Terkadang kata-kata tidak perlu dan kamu bisa berkomunikasi dengan perasaan, ekspresi, gerak-gerik.
Itulah beberapa cara berkomunikasi yang baik dan benar. Jika Anda merasa belum bisa berbicara dengan baik dan benar, mulailah dengan mendengarkan saja dahulu lawan bicara Anda ngobrol. Jadilah pendengar yang baik dan sedikit-sedikit latihlah untuk menangkap inti dari yang lawan bicara Anda katakan.

Bila Anda kurang mengerti dengan maksud lawan bicara Anda, tanyalah. Lebih baik bertanya daripada salah paham. Bertanya bertujuan untuk memastikan bahwa Anda sepaham dengan lawan bicara Anda.

Yang harus Anda hindari adalah menggunakan kata-kata kasar. Apalagi kepada relasi Anda atau orang yang baru Anda kenal. Karena kata-kata itu belum tentu akrab ditelinga mereka. Kecuali kepada teman atau sahabat Anda yang sudah saling mengenal dekat dan akrab.
Yang terpenting adalah fokus terhadap lawan bicara Anda. Jangan memikirkan yang lain selain  topic yang kalian bahas. Karena jika tidak fokus, maka bisa memicu kesalahpahaman bahkan pertengkaran.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Terima kasih untuk tidak berkomentar SPAM dan SARA. Untuk menghindari hal tersebut kami mengaktifkan verifikasi kata dan moderasi komentar. EmoticonEmoticon