Shalat Idul Fitri Di Negara Minoritas Islam

5:30 AM

Idul Fitri merupakan hari raya besar bagi umat Islam. Sebuah momen penuh suka cita dimana setelah sebulan berpuasa umat muslim menyambut kemenangan yang nyata. Di Indonesia mungkin kemeriahan dan ketenangan dalam perayaannya sudah menjadi kelaziman. Mengingat Indonesia merupakan Negara dengan penduduk islam terbanyak didunia. Lalu bagaimana dengan perayaaan Idul Fitri Negara-negara dimana umat Islam menjadi minoritas? berikut pemaparannnya!

Idul Fitri merupakan hari raya besar bagi umat Islam. Sebuah momen penuh suka cita dimana setelah sebulan berpuasa umat muslim menyambut kemenangan yang nyata. Di Indonesia mungkin kemeriahan dan ketenangan dalam perayaannya sudah menjadi kelaziman. Mengingat Indonesia merupakan Negara dengan penduduk Islam terbanyak didunia. Lalu bagaimana dengan perayaaan Idul Fitri Negara-negara dimana umat Islam menjadi minoritas? berikut pemaparannnya!
Di negeri Ratu Elizabeth yang belakangan menjadi sorotan dunia, karena keluarnya Negara ini dari Uni Eropa. Tersiar kabar pembatalan sholat Ied sebagai bentuk sentimen terhadap Brexit. Namun pada kenyataannya perayaan Idul Fitri di negara ini berlangsung dengan khidmat dan luar biasa. Di Birmingham misalnya sekitar 85000 jamaah membanjiri salah satu taman publik untuk melaksanakan sholat Ied. Selain shalat Idul Fitri, di tempat tersebut juga disediakan sarana bermain untuk anak-anak serta diramaikan pula dengan berbagai menu masakan dari berbagai komunitas muslim yang ada di Inggris. Tak lupa, kaum muslim inggris juga menggalang dana sejak ramadhan hingga lebaran dan terkumpul sekitar 17,5 milyar rupiah yang disumbangkan untuk kaum muslimin suriah.
Di Southampton, shalat Idul Fitri dilanjutkan dengan makan bersama yang di prakarsai muslim Indonesia dan terbuka bagi masyarakat sekitar Shouthampton. Sedangkan di London festival Eid Mubarak dihelat pada tanggal 2 syawal dan dibuka langsung oleh walikota Shadiq Khan momen tersebut tak hanya menyambut Idul Fitri tahun ini tapi juga merupakan penyampaikan pesan perdamaian dari umat muslim bagi dunia.
200 ribu Umat Islam Shalat Ied di Moskow
Kemeriahan dalam perayaan Idul Fitri serta pelaksanaan sholat Ied juga hadir di negeri beruang merah Rusia. Diperkirakan sekitar 200 ribu umat muslim di Moskow tersebut menghadiri sholat Ied di 4 masjid besar termasuk masjid Katedeal Moskow dan beberapa alun-alun Ibu kota Rusia. Presiden Rusia Vladimir Putin dalam siaran persnya resmi, Kremlin juga turut mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri. Dalam rilis menyambut Idul Fitri itu, Putin juga menyebut kontribusi komunitas muslim bagi dialog antar etnis dan antar agama. Lebih jauh dikatakan bahwa di Rusia Islam adalah agama kedua paling banyak penyebarannya. Jumlah muslim di Rusia mencapai 20 juta orang atau sekitar 15 persen dari total populasi.

Shalat Ied Ditengah Pandangan Negatif di Amerika
Di negeri paman sam sekitar 2000 umat Islam mengikuti shalat Ied di Washington DC. Di tengah sorotan tajam terhadap umat Islam di dunia dan tingginya sentimen anti muslim khususnya di Amerika, momentum Idul Fitri tahun ini diharapkan menjadi saatnya bagi muslim menegakkan ajaran agama dengan menunjukkan bahwa Islam adalah agama yang damai dan umat Islam menjadi duta besar bagi agamanya. Dalam khutbah yang disampaikan Muhammad Basyar Arafat umat muslim di Amerika diingatkan bahwa peran mereka di Amerika serikat bukan hanya sebagai pekerja melainkan juga berbagi dengan masyarakat lain.
Pembuktian Umat dan Momen Perkuat Persaudaraan
Ditengah berbagai pandangan negatif di dunia, pelaksanaan shalat Ied diberbagai Negara dimana Islam menjadi minoritas tetap bisa terlaksana dengan lancar dinegara-negara tersebut. Kita tentu mengetahui bahwa Idul Fitri merupakan perayaan penting dan kegembiraan tersebut bertambah dengan antusiasme warga muslim di negara minoritas. Terlebih lagi, berbagai sumber menyatakan bahwa perkembangan Islam diberbagai negara khususnya Negara barat menunjukkan hasil yang positif dan signifikan. Hal ini sesuai dengan firman Allah ta’ala : “Apabila telah datang pertolongan Allah dan kemenangan. Dan kamu lihat manusia masuk agama Allah dengan berbondong-bondong. Maka bertasbihlah dengan memuji Rabbmu. Dan mohonlah ampun kepada-Nya. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penerima Taubat.” (QS. An-Nash:1-3)
Pelaksanaan Idul Fitri tersebut juga merupakan pembuktian bahwa Islam adalah agama yang membawa rahmat bagi seluruh alam. Dan ditengah kegembiraan tersebut, persatuan umat yang terjalin juga terbukti secara hakiki.
Semoga apa yang MuslimHarian.com paparkan bisa memberikan manfaat serta manambah kecintaan kita terhadap Islam juga bisa menambah semangat bagi kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik. 
Amin ya robbal ‘alamin !


Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Terima kasih untuk tidak berkomentar SPAM dan SARA. Untuk menghindari hal tersebut kami mengaktifkan verifikasi kata dan moderasi komentar. EmoticonEmoticon