Jagalah Diri dari Sifat Ujub dan Berbangga Hati

11:35 PM
Muslimharian.com - Ibnul Qayyim Al-Jauziyah memberi nasihat tentang keharusan untuk menjauhkan diri dari ujub. Jika Allah mudahkan bagimu mengerjakan sholat malam, maka janganlah memandang rendah orang-orang yang tidur.

Ibnul Qayyim Al-Jauziyah memberi nasihat tentang keharusan untuk menjauhkan diri dari ujub. Jika Allah mudahkan bagimu mengerjakan sholat malam, maka janganlah memandang rendah orang-orang yang tidur.

Jika Allah mudahkan bagimu melaksanakan puasa, maka janganlah memandang orang-orang yang tidak berpuasa dengan tatapan menyepelekan.

Jika Allah memudahkan bagi mu pintu untuk berjihad, maka janganlah memandang orang-orang yang tidak berjihad dengan pandangan meremehkan.

Jika Allah memudahkan pintu rizki bagimu, janganlah memandang orang-orang yang memiliki utang dan kurang rezeki dengan pandangan mengejek dan mencela. Semua yang kau terima adalah titipan Allah yang akan dipertanggungjawabkan kelak.

Jika Allah memudahkan pemahaman agama bagimu, jangan lah meremehkan orang-orang yang belum faham agama dengan pandangan hina.

Jika Allah mudahkan ilmu bagimu, jangan lah sombong dan bangga diri, karena Allah Lah yang memberimu pemahaman itu.

Boleh jadi orang yang tidak mengerjakan qiyamul lail, puasa (sunnah), tidak berjihad, dan sebagainya itu lebih dekat pada Allah daripadamu, karena ada amalan lain yang mereka rahasiakan.

Selanjutnya beliau berkata, "Sungguh engkau terlelap tidur semalaman dan pagi harinya menyesal, itu lebih baik bagimu daripada qiyamul lail semalaman namun pagi harinya engkau merasa takjub dan bangga diri. Sebab orang yang merasa bangga dengan amal nya, maka amal itu tidak akan pernah naik (ke arsy).

Penulis:Veri Fauzan
sumber gambar. google image ( lisense komersial dan Modifikasi)

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Terima kasih untuk tidak berkomentar SPAM dan SARA. Untuk menghindari hal tersebut kami mengaktifkan verifikasi kata dan moderasi komentar. EmoticonEmoticon